Resep Sukses Inovasi

by Ghani Kunto

Dulu SMS hanya mainannya insinyur yang menggunakannya untuk ngetes sinyal antara tower. Para operator merasa gak mungkin ada orang yang mau memakainya karena keterbatasan 160 karakter. Anak-anak kuliahan (cowok) menemukannya, mulai ngutak-ngatik iseng-iseng memakainya untuk ngobrol (pada saat itu masih gratis). Operator mulai sadar, membuatnya menjadi suatu service berbayar, ditawarkan ke semua orang, dan sekarang menjadi industri triliunan dolar.

Dulu BBM cuma dipakai eksekutif berdasi untuk bicara tentang seputar bisnis. Anak-anak muda (cewek) menggunakannya untuk kebutuhan di luar kantor (gosip, sharing tips, dsb) dan yang lain pada ikut-ikutan. Operator menyadari potensi yang ada, menyediakan servis langganan BB harian, dan BB merajalela.

Inovasi itu bukan soal menciptakan hal baru. Inovasi itu soal menemukan kegunaan sosial untuk teknologi yang sudah ada.

Teknologi baru butuh 10 tahun sebelum diserap masyarakat. Lihatlah teknologi yang dianggap baru satu dekade yang lalu dan lihatlah mana yang digunakan anak muda saat ini dan bagaimana mereka menggunakannya.

Itulah rahasia kenapa gadget seperti iPad bisa muncul dan “tiba-tiba” sukses.

Advertisements