Kepada Siapa Anda Bertanya Tentang Youth Marketing? Pt. 1

by Ghani Kunto

Klien: “Susah banget sih ketemu elo, Ghan?”

Saya: “Masa? Lah, ini kan ketemu sekarang.”

Klien: “Iya tapi kan lebih asyik kalau bisa lebih sering ketemu. Bisa langsung tanya-tanya begini.”

Saya: “Kenapa gak tanya aja sama bagian risetmu? Kemarin gue baru aja ngobrol sama **** tentang report yang kemarin di-deliver.”

Klien: “Si ****? Dia kan Research Department, dia lantai 8. Gue kan Marketing, lantai 7. Jarang ketemu, Ghan.”

***

Inilah penyakit kebanyakan perusahaan. Gara-gara jarang ketemu antar departemen, jadi nyari jawaban diluar. (Gue sih senang-senang saja asal bisa nge-charge consulting fee. Kalau gratisan? Sori ye, yang mau bayar dah ngantri) Bertanyalah dahulu pada teman-teman dalam kantor anda. Banyak sekali orang pintar di kantor anda yang sebenarnya sudah punya jawabannya. Anda tidak tahu mereka siapa? Nah, berarti anda punya masalah organisasi, bukan masalah marketing.

