Romantisme Anak Muda

by Ghani Kunto

Ingat dulu saat anda jatuh cinta pertama kali?  Mungkin terasa seperti cinta itu akan selalu membara sampai akhir masa (aww, so sweet).  Cara mendeklarasikan cinta ini berbeda-beda.  Yang saya rasa menarik adalah fenomena lovelock.  Susah menjelaskannya tanpa jadi panjang lebar.  Itu tugasnya Wikipedia sajalah.  Kalau diterjemahkan, jadi Gembok Cinta… hm, jadi seperti judul lagu dangdut.

CC Wikipedia Commons

Menurut saya yang bikin lovelocks unik itu karena ada di segala penjuru dunia. Mau di Kanada, Amerika, Serbia, Korea, Jepang dan banyak lagi: ada. Kok bisa ya? Tempat yang biasa-biasa saja (biasanya pagar pinggir jembatan) dan benda yang biasa-biasa saja (gembok!) bisa diberi makna yang sangat dalam. Dan, entah bagaimana, anak-anak muda setuju pagar itulah yang akan dipakai sebagai pernyataan cinta, bukan pagar yang lain. Mungkin tanda tanya inilah yang menjadikannya romantis. Romantisme semangat petualang yang berani mengarungi hidup yang penuh tanda tanya bersama-sama.

Asyik.

Eh, tapi kemudian masuklah profit motive dan kapitalisme. Beberapa minggu yang lalu saya ke PVJ di Bandung dan menemukan tanda ini lantai atas:

Yah, romantismenya langsung hilang lah. Mana jiwa petualangnya kalau cara menunjukkan cinta saja harus diejawantahkan melalui poster seperti ini. Dan di pagar itupun hanya ada satu gembok yang sudah berkarat. Kemungkinan besar itu gemboknya yang memasang poster 🙂

Indahnya cinta pertama itu kan karena kita belum tahu aturan mainnya. Malah ada yang bilang harusnya langsung nikah, gak usah pake pacaran. Nah, semakin dilarang malah semakin seru. Lantas kenapa poster seperti ini ada?

Saya yakin yang memasangnya pun dulu pernah jatuh cinta. Tapi yah itulah sifat organisasi kebanyakan. Begitu kita masuk ke dalamnya, kita harus berhenti menjadi manusia dan berubah menjadi alat pelaksana. Makhluk ciptaan Tuhan diminta menjadi makhluk jelmaan hasil imajinasi HRD.

Marketing itu ilmu dan seni. Marketing itu urusan otak dan hati. Marketing itu ranah manusia; untuk, dari, dan oleh manusia.

Anda sedang membangun tim dan perusahaan yang penuh dengan robot atau manusia?

Advertisements